pt credensa office jakarta

Tips sebelum dan saat renovasi rumah

Tips sebelum dan saat renovasi rumah agar sesuai dengan karakter dan keinginan anda

1. Cari referensi dari social media

pertama carilah referensi sebanyaknya dari media sosial seperti instagram, facebook group, Pinterest atau tayangan TV seperti HGTV jika anda menggunakan TV berbayar atau media lainnya yang sudah anda ketahui. Hal ini penting untuk mengetahui gaya apa yang anda inginkan agar rumah yang di renovasi nanti sangat cocok dengan kepribadian anda. karena anda akan sangat rugi jika yang di bangun tidak sesuai dengan karakter anda.

2. Konsultasi design dan biaya dengan konsultan atau kenalan anda

Setelah semua referensi terkumpul baik gaya designnya, materialnya ataupun dimana belinya, lalu anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kenalan anda atau konsultan design yang bisa anda cari di social media.

Konsultasi sangat penting, karena ini untuk mengetahui apakah keinginan anda tersebut bisa terwujud atau tidak, karena konsultan design atau designer arsitek kenalan anda akan melihat lebih detail secara keseluruhan baik dari rumah yang ada, material yang ada di pasaran dan teknis perhitungan apakah design cocok dengan cuaca di tempat anda tinggal.

jangan khawatir, banyak konsultan atau kontraktor yang memberikan konsultasi gratis kok seperti Credensa, kontraktor interior yang berpengalaman baik untuk rumah tinggal, perkantoran maupun retail

3. Pertimbangan meggunakan jasa Arsitek, kontraktor atau tidak

Banyak orang yang percaya diri dengan renovasi tanpa design rencana, hanya ada di kepala atau image dari social media yang di berikan kepada tukang. Percayalah jika hanya memberikan gambar image, anda akan bertemu situasi yang hasilnya tidak sesuai dengan keinginan anda, mengapa, karena tukang bekerjan berdasarkan pengalaman yang kadang jika tidak menggunakan gambar kerja, mereka akan mengerjakan sesuai selera dan standar kualitas mereka dan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang anda maksud.

banyak sekali contoh orang merenovasi tanpa Arsitek yang akhirnya buang-buang biaya dengan hasil akhir tidak sesuai, seperti bangunan terlalu tinggi tiap lantainya, kolom terlalu besar untuk teras, tidak memikirkan arah sinar matahari datang, material yang dipilih ketinggalan zaman dan lain sebagainya. 

Dengan anda membayar jasa design Arsitek anda dapat memprediksi hasil akhirnya akan seperti apa dengan 3D image dan perkiraan biaya dari design yang anda inginkan, biasanya konsultan arsitek tau problem atau kendala apa saja yang biasanya muncul dalam hal renovasi dan mereka dapat menginformasikan hal ini sebelumnya kepada anda untuk membuat pilihan.

4. Pertimbangkan untuk mendapatkan beberapa penawaran harga dari beberapa kontraktor

Setelah design renovasi dan skup pekerjaan renovasi berupa anggaran biaya atau BQ sudah ada dari konsultan atau kenalan anda, mungkin dari  mungkin mereka juga akan menawarkan jasa konstruksinya atau menjadi kontraktor pelaksana renovasi rumah anda, namun ada baiknya jika anda bisa menawarkan pekerjaan yang sama kepada beberapa kontraktor untuk pertimbangan harga. Jika ternyata penawaran harga kontraktor yang bukan dari konsultan lebih murah dengan kualitas yang sama, hal ini akan membuat anda lebih berhemat dan anda pasti lebih senang karna namanya renovasi, terkada ada beberapa biaya yang keluar diluar rencana seperti anda ingin di tambah ini dan itu, atau ternyata ada kerusakan saat pembongkaran dan anda harus memperbaikinya.

3 hal yang harus di perhatikan dalam memilih kontraktor
  1. Biaya, apakah biaya terlalu mahal atau terlalu murah, yang anda harus curiga, jangan-jangan bukan kualitas yang anda inginkan dan pastikan ada item pekerjaan berapa lama masa retensi atau pemeliharaan yang tidak di charge apabila ada pekerjaan yang rusak dalam masa retensi.
  2. Waktu, kadang ada biaya yang lebih murah, namun ternyata pekerjaannya lama dan anda tidak suka. namun hal ini tinggal menjadi pilihan anda, mau cepat namun agak mahal, atau mau murah namun lama selesainya. pastikan anda meminta jadwal berapa lama mereka akan menyelesaikan pekerjaan.
  3. Kualitas. pastikan penawaran harga yang diberikan dari kontraktor sudah sesuai dengan material yang anda inginkan dan sesuai dengan design yang anda mau, karena bisa jadi ternyata ada penwaran harga yang murah, namun spesifikasi material yang di inginkan di downgrade oleh kontraktor.

5. Pengawasan saat pelaksanaan renovasi

Apa aja sih yang harus di awasi dan di kontrol saat pelaksanaan renovasi? nah berikut adalah item-item yang harus anda cek dan tanyakan kepada kontraktor

  1.  Apakah progress yang dikerjakan sudah sesuai jadwal yang sebelumnya di berikan oleh kontraktor saat penawaran harga? jika ternyata kenyataan tidak sesuai dengan progress jadwal, anda bisa menanyakan penyebnya kepada kontraktor.
  2. Apakah pekerjaan fisik yang dikerjakan sudah sesuai dengan design yang ada. Anda bisa cek kesesuaian antara gambar dengan fisik pekerjaan lapangan.
  3. Jika pengadaan material termasuk skup kontraktor, anda bisa menanyakan apakah material yang di inginkan ada kendala baik ketersediaan, pengiriman dan lain-lain.
  4. Tanyakan kepada kontraktor apakah ada kendala untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang di sepekati, jika ada dan karena faktor external, anda bisa memberikan solusi atau diskusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Nah, itulah beberapa tips sebelum dan saat renovasi yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan. jika anda memerlukan konsultasi lebih lanjut untuk merenovasi rumah, anda bisa menghubungi kontraktor design & build Credensa di link ini untuk berkonsultasi gratis mengenai rencana renovasi rumah tinggal.

selamat berenovasi 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *